Langsung ke konten utama

MULTI CREATIVE EXPO - Mari Menjadi Anak Muda yang Kreatif -

Acara Pentas Seni di Acara Garut Multi Creative Expo 2014 (Sumber : pribadi)

Pada tanggal 23-24 April 2014 Jurusan Multimedia di sekolahku mengadakan sebuah event berjudul "Garut Multi Creative Expo 2014". Pada 2 hari tesebut saya berpartisipasi dalam acara tersebut. Sebagai alumni, aku pikir ada baiknya untuk bantu-bantu saja di acara tersebut. Inilah apa saja yang aku kerjakan selama acara tersebut.

23 April 2014

Hari Pertama dan Pembukaan

Pada hari rabu, 23 April 2014. Aku awalnya tidak berpikir untuk melakukan sesuatu untuk keberlangsungan acara ini. Hingga pada suatu saat Pak Asep Nasrudin, guru Jurusanku. Meminta aku membantu membawa kursi-kursi yang berada di ruangan daerah lobby ke Bale Paminton, tempat acara Pameran berlangsung. Nah, akhirnya aku putuskan pada awalnya untuk membantu mengangkut kursi-kursi tersebut ke truk tersebut. Juga ikut nebeng menaiki truk menuju tempat acara untuk menghemat ongkos. Hehehe :D

Setelah aku tiba di acara, aku mengangkut kursi-kursi ke bagian depan dekat panggung dibantu oleh para adik kelas yang ikut serta nebeng diatas truk. Waktu itu mendekati pukul 8, beberapa siswa yang hadir disana mempersiapkan gladi untuk pembukaan acara. Bupati Garut pun nantinya akan menyampaikan sambutan dan membuka acara ini. Sungguh acara yang baik.

Setelah beberapa lama membantu memindahkan kursi. Aku bergabung bersama Nilan dan Aa untuk mempersiapkan stand Digidu. Di stand tersebut ditampilkan beberapa hasil karya edukasi interaktif yang diproduksi oleh siswa-siswi Multimedia sekolahku yang bergabung dengan Forum Kreatif.

Pembukaan acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berlanjut ke pembacaan ayat suci Alquran. Setelah itu ketua pelaksana acara Multi Creative Expo dan beberapa tamu undangan termasuk bapak bupati Garut menyampaikan sambutan-sambutan. Diakhir sambutan bapak bupati akhirnya beliau secara resmi membuka acara ini.

Acara ini cukup sederhana. Terdiri dari beberapa stand dan panggung pentas seni yang terus berlangsung selama acara ini dibuka. Penampilan band cukup mendominasi sebagai pengisi acara dibanding dengan dance dan Stand Up Comedy. Acara berlangsung cukup meriah. Apalagi ketika ada penampilan dance yang menapilkan penari-penari seksi meskipun aku tidak terlalu begitu menyukai penampilannya karena penari laki-lakinya sungguh terlihat seperti perempuan.

Siangnya tiba-tiba ada panggilan dadakan. Panitia memintaku untuk ikut serta mengisi acara pensi keesokan harinya. Aku berpikir sejenak dan mengiyakan untuk tampil. Aku memilih untuk menampilkannya secara solo. Aku menari hehehe :P

Acara Expo hari ini berlangsung hingga pukul 15.00. Acara expo akan dilanjutkan keesokan harinya :)

24 April 2014

Penampilan Menari, Hari Terakhir, Penutupan

Hari ini aku tiba di acara pukul 8 lebih. Setelah merasakan kurang tidur yang melanda karena aku harus menghafal lagu dadakan yang telah aku sunting semalam. Aku menampilkan performa tari dengan cukup baik dan improvisasi yang memadai :p . Yang kulakukan hanyalah memasang ekspresi wajah secukupnya dan sekuat mungkin menahan rasa nervous yang melanda juga perasaan dag dig dug yang jejedudan beberapa saat aku tampil.

Aku tampil menari diiringi lagu Fatin Shidqia Lubis - Aku Memilih Setia. Karena aku pikir menari kali ini harus rada semu-semu galau gitu lah. Dibantu oleh sahabat-sahabatku, Antika, Nilan dan Aa untuk memutar lagunya saat aku tampil. Dibanding dengan pengisi acara dancer lain yang menggunakan pakaian bombastis dan gerakan yang semi-erotis. Aku menarikan tari kontemporer lirikal yang aku pelajari secara otodidak di rumah. Aku tampil menari pukul setengah 10 pagi di acara.

Setelah aku tampil. Aku kembali menjaga stand. Dan berakhir dengan membunuh waktu untuk membaca banyak artikel di laptop milik antika selama pentas seni berlangsung hari ini. Pengisi acara event cukup menghibur :)

Acara akhirnya selesai pukul 15.00 ditutup dengan pengumuman pemenang lomba dan acara penutupan. Setelah acara berakhir, aku membantu panitia untuk mengangkut barang-barang ke truk dan membawanya ke lab sekolah. Aku membantu memindahkan barang hingga pukul 19.00 malam.

Kesimpulan?

Setelah yang aku alami selama 2 hari tersebut aku mendapatkan beberapa kesimpulan mengenai acara Multi Creative Expo 2014. Acara ini menunjukkan betapa kreatifnya generasi muda sekarang. Untuk menjadi lebih baik maka seseorang tersebut harus mengetahui potensi apa yang berada dalam dirinya. Bukannya hanya diam dan berfoya-foya seenaknya mereka.

Kemajuan teknologi yang sekarang sedang giat-giatnya di dokumentasikan, bukanlah suatu ancaman untuk kemajuan bangsa kita. Tetapi sebagai pemicu untuk generasi yang lebih baik lagi. Salut buat para anak-anak designer creative juga para siswa-siswi Multimedia SMK NEGERI 2 GARUT yang telah menunjukkan kepedulian mereka terhadap perkembangan teknologi dan pendidikan di kota Garut khususnya dan Indonesia umumnya :D
Pamplet Acara Expo (Sumber : Thread Kaskus Promosi Expo)


Semoga acara ini diadakan kembali di tahun berikutnya :D
NB. Video perform aku mungkin akan aku upload :P

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CATATAN AKHIR KARYA KESADARAN WANITA ALPHA VULKANO VULVA

(Kesadaran Wanita Alpha:) Vulkano Vulva (3/8)Sinopsis:Berdasarkan karya seorang perempuan, Ratna Ayu Budhiarti
"Matilah Kau di Dadaku" dan "Perempuan Baja"
dalam gejolak magma
Kesadaran perempuan dalam mimpi terkuat
karena berbagai tekanan keadaan
lucu
anak-anak
polos
seadanya
Credits (Kesadaran Wanita Alpha) Vulkano Vulva
Director
Yudi Gentong
Koreografer Kaladian Raharja
Komposer Deden
Performer: Teater Samak
SAMAK2

Selma Jasmine
Adelia Oktaviani
Widiantu Sri Anjani
Aulia Putri Alkamisi
Sulis
Faisal Muflih
Muhammad Fadhila Anhar
M Abdul Agisna Safei
Bayu Hermawan
Naufal Rasyid Shidqy
SAMAK7
Lina Marlyana
Dila Fauziah
Neneng Henti Sugiarti
Risna Abdul Fatah
Fitri Nurhasanah
Aisri Ratna Dewi
Pemusik
Deden
Ijal
Stage Manager
Acep Bari'7
Nada Adan'2
Kru
Dinda
Ginar
Rifaldi
Puri
Ncep Wildan
- dedikasi untuk perempuan, Li Arofu -
"Terima kasih telah menyelamatkan hidupku..."

MASIGIT: WANGUNAN MULIH KA GUSTI TINA PUSEUR JAGAD NAGRI

Minggu, 26 Juni 2016
PASHEMAN Paskibra SMK Negeri 2 Garut bersama teman-teman penari dari komunitas teater tari Garut mementaskan sebuah pertunjukan tari kontemporer yang berjudul "Masigit: Wangunan Mulih Ka Gusti Tina Puseur Jagad Nagri" di acara Sa'alam Ramadhan XVI yang diselenggarakan oleh HISDRAGA (Himpunan Sastrawan Dramawan Garut). Aku ikut serta sebagai koreografer sekaligus direktor kelompok ini. Mencari, berusaha, dan berupaya untuk memahami Kota Garut dari bangunannya, Masjid Agung Garut.

[Video pertunjukan belum diunggah]


Mengenai Hero

K: Pernah nemu literatur yang bahas ini? Aku lagi di tahap 3.
http://www.thewritersjourney.com/hero's_journey.htm

F: Baru sekarang, tapi menurutku kau sudah di tahap 4 atau 5, kalau merecall kembali semua yg kau ceritakan. Menurutku di tahap itulah orang menjadi 'yang lain', bahkan mulai teralienasi

K: Kau mungkin benar. Nampaknya aku masih melaluinya perlahan-lahan.
Setelah ku renungkan, ternyata aku sudah di tahap 6

F: Kira" apakah hero ini punya semacam job mirip ff? Dan test  di tahap 6 berkaitan dengan job? "You either die as hero, or live  long enough to  see yourself become villain" -Harvey Dent, the Dark Knight, menurutmu apakah dalam hero journey ini sang hero bisa misguide, dan mengapa? 

K: Bisa jadi ada semacam sistem job yang termasuk di dalamnya. Yang mengubah job awal seseorang menjadi job transenden.
Jika dikaitkan dengan ku, aku merasakan krisis eksistensial sebagai penari. Setelah pertunjukan masigit, aku menyadari bahwa aku mampu me…