Bikin Draf: Menciptakan Karya Bersama

Pada kesempatan ini, aku mendapatkan ide untuk menciptakan sebuah karya bersama teman-temang Psikologi angkatan 2014. Draf ini ku tulis sejak pagi hari hingga sorenya.

[Draf Blueprint Pertunjukan Angkatan untuk Dies Natalis Psikologi UPI 2016]

JUDUL KARYA
Clognition: Clog Ignite Cognition oleh Mahasiswa Depatemen Psikologi UPI Angkatan 2014

RINGKASAN KARYA
Resolusi Angkatan 2014 untuk Departemen Psikologi UPI yang disajikan dalam bentuk seni pertunjukan. Menggabungkan musik yang insightful dengan teknik-teknik dari Expressive Art Therapy, Psikodrama, Body Movement dan Presentasi Tari.

PERAN YANG TERLIBAT
1. 1 klien psikodrama (bisa menggambar)
2. 3 aktor psikodrama
3. 8 penari body movement
4. 1 presenter presentasi tari
5. 3 penari utama presentasi tari
6. Pemusik
7. Hadirin yang terhormat

NARASI KARYA
Karya ini terdiri dari lima fase, yaitu 1) Psikodrama, 2) Body Movement (Disosiatif), 3) Psikodrama (resolusi) dan Body Movement (mirroring), 4) Presentasi Tari, dan 5) Musik Angkatan dan Penutup.

FASE 1 - PSIKODRAMA
Klien dan 3 aktor masuk. Setiap aktor melakukan teknik doubling (mengikuti perkataan klien dan mereproduksinya) dari setiap inner voice yang dimiliki klien secara bergiliran. Lalu aktor ditempatkan oleh klien di kursi yang disediakan. Klien duduk di tempatnya. Aktor mulai memerankan inner voice klien sementara klien menggambar di kursinya.

FASE 2 - BODY MOVEMENT (DISSOCIATIVE)
7 penari masuk. 2/7 penari menjadi korektor dan 5/7 penari menjadi disosiator secara bergantian. Setiap tanda muncul (bisa berupa tepukan tangan, pukulan dram, dan lainnya), disosiator mengubah pose tubuhnya sesuka hatinya. Pose tubuh normal adalah posisi badan berdiri tegak dan simetris. Korektor memperbaiki pose disosiator dengan terburu-buru.
.
Proses psikodrama masih berlangsung.

FASE 3 - PSIKODRAMA ( RESOLUSI) DAN BODY MOVEMENT (MIRRORING)
Seorang penari body movement masuk ditutupi kain berlapis-lapis. Penari lainnya datang menghampiri penari yang tertutup kain lalu melepaskan satu per satu helai kain.

Klien psikodrama menepuk tangan, memberikan tanda pada aktor untuk berhenti. Klien lalu menunjukkan gambarnya pada penari body movement lalu kepada penonton. Klien membawa penari yang sebelumnya tertutup kain menggantikan posisi duduk klien. Penari body movement lainnya  memperhatikan psikodrama layaknya observasi. Klien psikodrama ikut serta dengan penari body movement menjadi observer lalu menepuk tangan untuk yang kedua kalinya. Memberikan tanda pada aktor untuk memerankan inner voice klien kembali.

Beberapa saat kemudian, klien menepuk tangan untuk yang ketiga kalinya. Memberikan tanda pada aktor untuk berhenti. Klien lalu mengambil kain, menempatkan masing-masing aktor psikodrama ke tempat yang dikehendakinya, dan menggunakan kain pada aktor sesuka hatinya. Setelahnya klien menempati tempatnya kembali. Penari yang sebelumnya tertutup kain bergabung bersama penari lainnya.

Klien menepuk tangan yang keempat. Aktor yang tidak ditutupi kain memerankan inner voice klien sementara aktor yang ditutupi kain diam. Lagu "Cinta Kita" karya kelompok Ayu WS dimainkan. Penari Body Movement membentuk formasi lingkaran lalu melakukan teknik mirroring pada satu penari secara bergantian. Klien psikodrama melanjutkan gambarnya.

Setelah lagu berakhir, klien menunjukan gambarnya pada penonton. Klien, aktor, dan penari body movement pergi ke belakang panggung.

FASE 4 - PRESENTASI TARI
Seorang presenter beserta 3 penari utama dan 8 penari body movement masuk menyampaikan presentasi tari berdurasi 5-8 menit dari teks bertema "Resolusi Angkatan 2014 untuk Departemen Psikologi UPI" karya M Faris Dzulfiqar. Pemusik mengiringi presentasi tari.

FASE 5 - MUSIK DAN PENUTUP
Angkatan 2014 berkumpul, berpegangan tangan, bernyanyi bersama. Lagu ditentukan pemusik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Diri Mulai Meracau

CATATAN AKHIR KARYA KESADARAN WANITA ALPHA VULKANO VULVA

Revenge Puzzle