Langsung ke konten utama

Percakapan Para Sufi 1: Fitnah

sumber: http://sufisplendour.blogspot.co.id/
KR: Assalamualaikum, saya mau cerita. Pada suatu hari ada orang X yang menuduh Y atas suatu kejahatan. Lalu Y dihukum oleh X dengan alasan membuat malu dan kerugian. Ketika Y menanyakan pada X apa salahnya, X menolak menberitahu sehingga Y menjadi bertanya-tanya. Setelah peristiwa itu terjadi, Y mencoba melakukan tabayyun untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Akhirnya Y memahami sebab akibat mengapa X melakukan perbuatan tersebut. X dihasud oleh teman-temannya untuk menjauhi Y. Selama proses tersebut Y memahami segala kesalahan-kesalahan yang telah ia lakukan. Namun untuk tuduhan itu, Y mengetahui bahwa itu akibat hasud. Bagaimana yang sebaiknya Y lakukan?



B: Cara hukum... ya konfirmasi...
Cara agama, buat diri si Y nya... kalo menurut Quran, ketika dapat fitnah :
- diam, tidak membalas
- banyak istighfar
- "pergi ke perbatasan" ... keluar dari lingkungan fitnahnya.. pertemanan, dsb

KR: Alhamdulillah, terima kasih banyak.

TU: Ikutan sharing pengalaman. Beberapa kali jg sempat mengalami menjadi si Y. Dalam banyak pengalaman tsb, saya lebih memilih diam dan introspeksi/istighfar, krn memberi konfirmasi/penjelasan tidak ada gunanya bagi orang2 yg sedang berkobar marah dan suuzhonnya. Akhirnya jalan hidup yg memisahkan saya dan mereka. Pertemuan adalah jodoh. Kejadian2 itu semata untuk mengalirkan orang2 k jalan2 yg terpisah. Seleksi alam.

KR: Membiarkan mereka pergi ya?

TU: Jalan hidup yg akhirnya memisahkan.
Jadi kejadian2 semacam itu sebagai saringan saja, siapa yg masih berjodoh dengan kita, siapa yg sudah harus terlepas/berakhir jodohnya.
Bersikap netral aja KR, beningkan diri, berserah dan pasrah. Mangga mau difitnah spt apapun, tidak perlu ada perlawanan atau ribut2. Supaya nanti setelah selesai prosesnya, tidak akan ada penyesalan.

B: Cantik..

KR: Awalnya ribut2 sih, karena merasa sangat sakit hati dan tidak adil. Namun bisa tenang meskipun waktunya cukup lama.
Menahan diri untuk diam rupanya perlu latihan.
Kalo misalkan orang yg difitnah itu sampai depresi, itu gimana ya?

B: Ada anekdot..
Pencuri itu tidak salah krn memang pekerjaannya.. yg salah mah yg punya barang, kenapa gak dijaga sampai dicuri
Kadangkala kita mendapat fitnah itu agar "terkikis" egonya...
Dan lewat difitnah.. Tuhan sedang ngajarin bagaimana kita ikhlas

TU: Disitulah ujiannya depresi itu kan karena belum bisa menerima. Saat sudah bisa menerima, maka prosesnya akan lebih mudah
Kalo di Yoga ada satu filosofi:
Bear insult, bear injury is the highest yoga

B: translate plis

TU: Menahan hinaan dan deraan luka itu yoga tertinggi
Ikhlas

B: Pantesann...

TU: Yoga bukan hanya sekedar yoga akrobat yg melenting2 ya. Itu mah aspek sirkus nya aja buat mengalahkan badan
Sayang banyak yg hanya asik disitu
Dengan bergerak kita meningkatkan penghayatan akan badan, dan ini jalannya banyak. Termasuk KR yg senang berolahtubuh dengan tarian. Gerakan adalah "jalan masuk ke dalam diri". Coba perhatikan penari2 ( tari Bali, tari Jawa, tari Balet dll) yang sampai begitu menghayati gerakannya, hingga merasuk. Itu meditasi dalam gerak. Yoga pun begitu


B: Sy mah kurang bisa yoga, badannya suka sakit.. nah kalo gak yoga, gak sakit..
Paling yoganya, padma aja
Boleh enggak?

TU: Ya silakan saja. Tergantung kebutuhan kok

B: Mungkin krn tidak terbiasa kali ya

TU: Semua metode olahtubuh dan rasa itu baik, asal sesuai dengan selera dan pencarian B. B mah lari pagi aja yuk, atau temenin sepedahan

B: Nah kalo lari atau jalan kaki okey lah... Tapi kalo naik sepeda, sy kurang bisa..

TU: Badan harus mau bergerak. Kalo engga gerak teh depresif.
Energinya engga mengalir

B: Nah, itu sepertinya... sy merasa sangat depresi
Krn banyak diam..

TU: Ah masa iya.. kebanyakan diam engga bagus, kebanyakan gerak juga tekor. Alhamdulillah baru dipijat, lebih nyaman
Pijat aja

B: mungkin kurang kasih sayang
Dipijat kan diberi kasih sayang ya

TU: Iyaa, kerokan aja

B: Kalo lagi depresi itu suka halusinasi.. Melihat itu dan ini.. Segala macem terlihat...

TU: Endorphin kembali lancar

B: Akhirnya dilarikan ke nulis... Tapi lama2 nulispun bosan..
seumur² gak pernah dikerok..

TU: Kalo engga di bekam

B: Ngeri ah dibekam mah..
Sy kan ngeri kalo lihat darah

KR: Beberapa bulan ini saya kontemplasi karena badan berat sekali untuk digerakan. Halusinasi muncul, tapi muncul keyakinan, "aku bisa, aku bisa." Dihadapilah pemikiran-pemikiran yang muncul dari halusinasi itu. Baru minggu ini saya berhasil jadi cenghar stelah kontemplasi. Lalu mencoba olah gerak lagi, lalu trauma muncul lagi.
Badan rasanya merespon terhadap baik dan buruk.
Termasuk ketika ada orang yang memiliki niat buruk terhadap saya, alarm terasa. Badan tegang, perasaan takut, "loh kok kenapa?". Setelah dieksplorasi akhirnya ketemu maksudnya.
Katanya kalo narinya hanya memikirkan teknik dan musik saja itu gak sampe meditasi?

W: Kan beda2 tipe orgnya
Kalo yg lbh dominan di Auditori, maka suara yg lbh mudah bs bikin dia trance
Tp intinya menikmati hingga gelombang otaknya dah di alpha Tetha
Kalo msh fase berpikir, itu di betha
Tp kalo fanatik itu di gamma
Smntr untuk merasakan Tuhan, itu ada di Tetha
Urutan gelombang otak mulai dr yg plg tinggi sampe yg plg Dalam itu Gamma, Betha, Alpha, Tetha, Delta n Epsilon

TU: Iya, setuju. Kata BKS Iyengar : Dont do poses ( asanas ) mechanically. Your body will stagnant.
Menarilah yg nikmat dan meditatif, melampaui teknik. Ini saya rasakan saat whirling.

B: Mungkin terlalu Sensitif tubuhnya
Jadi sagala karasa..

TU: Jangan melakukan gerakan asanas secara mekanis (terlalu fokus k teknik dan metode), karena tubuhmu akan stagnan. Maksudnya, tubuh ada keterbatasan. Kalau hanya terpaku pada teknik tubuh maka gerakan itu akan terasa "kering", tak lebih dari sensasi badan.
Oleh karena itu saya lebih fokus ke gerakan2 lembut, krn lebih indah secara rasa.
Lebih terasa bermeditasi gerak.

B: Mind, body & soul
Lewat : frekuensi tertentu (natural, alam), gerak & musik..
Whirling kan begitu ya
Pada whirling,

Body : putaran searah orbit bumi.. keselarasan mikro.makro
Mind : fokus ke poros..
Soul : dzikir

Ketiga hal ini dilakukan dlm.waktu bersamaan dgn "penyelarasan" spesifik...
Pengaruhnya lebih signifikan

TU: Trauma yg muncul jangan dinilai sbg hal yg buruk. Karena walaupun itu tidak muncul ya bukannya tidak ada, hanya sekedar laten/tidur.
Saat traumanya muncul, coba perhatikan reaksimu. Kalo masih reaktif artinya masih baper kalo sudah biasa saja, artinya sudah ikhlas, sudah move on.
Dan setelahnya trauma itu akan terlampaui.

KR: Alhamdulillah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CATATAN AKHIR KARYA KESADARAN WANITA ALPHA VULKANO VULVA

(Kesadaran Wanita Alpha:) Vulkano Vulva (3/8)Sinopsis:Berdasarkan karya seorang perempuan, Ratna Ayu Budhiarti
"Matilah Kau di Dadaku" dan "Perempuan Baja"
dalam gejolak magma
Kesadaran perempuan dalam mimpi terkuat
karena berbagai tekanan keadaan
lucu
anak-anak
polos
seadanya
Credits (Kesadaran Wanita Alpha) Vulkano Vulva
Director
Yudi Gentong
Koreografer Kaladian Raharja
Komposer Deden
Performer: Teater Samak
SAMAK2

Selma Jasmine
Adelia Oktaviani
Widiantu Sri Anjani
Aulia Putri Alkamisi
Sulis
Faisal Muflih
Muhammad Fadhila Anhar
M Abdul Agisna Safei
Bayu Hermawan
Naufal Rasyid Shidqy
SAMAK7
Lina Marlyana
Dila Fauziah
Neneng Henti Sugiarti
Risna Abdul Fatah
Fitri Nurhasanah
Aisri Ratna Dewi
Pemusik
Deden
Ijal
Stage Manager
Acep Bari'7
Nada Adan'2
Kru
Dinda
Ginar
Rifaldi
Puri
Ncep Wildan
- dedikasi untuk perempuan, Li Arofu -
"Terima kasih telah menyelamatkan hidupku..."

MEMENTO KESADARAN WANITA 2 : SEJARAH RUSUK

Konser M.O.R.R.O plus Pertunjukan Karya Kaladian RaharjaKESADARAN WANITA 2: SEJARAH RUSUK
KOREOGRAFER: KALADIAN RAHARJA
AKTOR: LI DAN KAER

Terima kasih atas kenangan yang indah di kegiatan SEMALAM: SENI MENDEKAP ALAM @Papandayan Camping Ground. -Sabtu, 14 Januari 2017


Resolusi X Lingkaran Setan

Kamu udah mulai mengeksekusi langkah recovery?1. IntegrasiAku menemukan bahwa masih ada sebagian diriku yang terblokir. Oleh karena itu, aku mencari trigger untuk dapat mengakses kembali memori dan recover.2. Advanced ResolutionAku sedang mendefinisikan cinta si kampret. Kenapa ia bisa mencintai ku hingga ia memutuskan hubungan dengan ku. Aku lakukan karena ada keyakinan bahwa ia akan kembali. Keyakinan ini ku rasa mengganggu. Aku berusaha memahami itu.Jalan Resolusi
1. Trigger
2. Rekoleksi Memori
3. Pemrosesan Memori
4. Fragmen Resolusi
5. Resolusi LanjutanJalan Lingkaran Setan
1. Trigger
2. Rekoleksi Memori
3. Doom
4. Katastropi
5. Resentimen