Langsung ke konten utama

Rangkaian Koreografi: 12 Tarian Nyawang Bulan

Pada setiap bulan kami menyambut datangnya bulan, Nyawang Bulan sekarang milik siapa?
Ini merupakan bulan kedua perjalanan saya bersama Bengkel Studi Budaya. Sudah dua peristiwa nyawang bulan berlalu. Bulan Yesta tidak saya ikuti, lalu Bulan Asada menikmati bulan sendirian.

Nyawang Bulan: Sebuah Masterpiece

Pada Bulan April/Yesta, Teh Mira menyampaikan sebuah gagasan untuk mempromosikan Kalender Sunda melalui seni pertunjukan. Saya langsung menyetujui gagasan tersebut karena menurut saya itu bisa menjadi efektif. Dalam penanggalan kalender Sunda, waktu bulan purnama telah terhitung dengan baik. Tepat pada 7 suklapaksa terjadi Bulan Purnama.

Ide ini berawal dari lagu Bulan Priangan yang dipopulerkan oleh Rita Tila. Lalu muncul lagi gagasan untuk membuat lagu ini sebagai lagu utama. Teh Mira menghubungi penulis lagu, kami diizinkan untuk menyunting lirik lagu tersebut. 


Berikutnya kita berdiskusi. Lalu menentukan bahwa karya ini bukanlah sebuah karya tunggal, melainkan 12 tarian nyawang bulan yang dipentaskan untuk masing-masing bulan:
  1. Kartika (Bintang)
  2. Margasira (Jalan Diri)
  3. Posya (Tapa)
  4. Maga (Tapak)
  5. Palguna (Kamajaya, Bijaksana)
  6. Setra (Kubur)
  7. Wesaka (Mengingat)
  8. Yesta (Jalan Setapak)
  9. Asada (Lidah)
  10. Srawana (Wani, Berani)
  11. Badra (Budi Pekerti)
  12. Asuji (Suci) 
Koreografi ini diciptakan oleh Kaladian Raharja dan Siti Hofsah. Saya melakukan riset artistik dan konseptual sementara Hofsah berperan dalam olah gerak tari.

Awalnya, aku berikan seluruh peran pada Siti Hofsah, namun aku menyadari bahwa aku telah mencapai pemahaman mengenai Kalender Sunda. Setelah pertemuan sebelum Nyawang Bulan Asada, kami menentukan aku sendiri sebagai koreografer utama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CATATAN AKHIR KARYA KESADARAN WANITA ALPHA VULKANO VULVA

(Kesadaran Wanita Alpha:) Vulkano Vulva (3/8)Sinopsis:Berdasarkan karya seorang perempuan, Ratna Ayu Budhiarti
"Matilah Kau di Dadaku" dan "Perempuan Baja"
dalam gejolak magma
Kesadaran perempuan dalam mimpi terkuat
karena berbagai tekanan keadaan
lucu
anak-anak
polos
seadanya
Credits (Kesadaran Wanita Alpha) Vulkano Vulva
Director
Yudi Gentong
Koreografer Kaladian Raharja
Komposer Deden
Performer: Teater Samak
SAMAK2

Selma Jasmine
Adelia Oktaviani
Widiantu Sri Anjani
Aulia Putri Alkamisi
Sulis
Faisal Muflih
Muhammad Fadhila Anhar
M Abdul Agisna Safei
Bayu Hermawan
Naufal Rasyid Shidqy
SAMAK7
Lina Marlyana
Dila Fauziah
Neneng Henti Sugiarti
Risna Abdul Fatah
Fitri Nurhasanah
Aisri Ratna Dewi
Pemusik
Deden
Ijal
Stage Manager
Acep Bari'7
Nada Adan'2
Kru
Dinda
Ginar
Rifaldi
Puri
Ncep Wildan
- dedikasi untuk perempuan, Li Arofu -
"Terima kasih telah menyelamatkan hidupku..."

MASIGIT: WANGUNAN MULIH KA GUSTI TINA PUSEUR JAGAD NAGRI

Minggu, 26 Juni 2016
PASHEMAN Paskibra SMK Negeri 2 Garut bersama teman-teman penari dari komunitas teater tari Garut mementaskan sebuah pertunjukan tari kontemporer yang berjudul "Masigit: Wangunan Mulih Ka Gusti Tina Puseur Jagad Nagri" di acara Sa'alam Ramadhan XVI yang diselenggarakan oleh HISDRAGA (Himpunan Sastrawan Dramawan Garut). Aku ikut serta sebagai koreografer sekaligus direktor kelompok ini. Mencari, berusaha, dan berupaya untuk memahami Kota Garut dari bangunannya, Masjid Agung Garut.

[Video pertunjukan belum diunggah]


Mengenai Hero

K: Pernah nemu literatur yang bahas ini? Aku lagi di tahap 3.
http://www.thewritersjourney.com/hero's_journey.htm

F: Baru sekarang, tapi menurutku kau sudah di tahap 4 atau 5, kalau merecall kembali semua yg kau ceritakan. Menurutku di tahap itulah orang menjadi 'yang lain', bahkan mulai teralienasi

K: Kau mungkin benar. Nampaknya aku masih melaluinya perlahan-lahan.
Setelah ku renungkan, ternyata aku sudah di tahap 6

F: Kira" apakah hero ini punya semacam job mirip ff? Dan test  di tahap 6 berkaitan dengan job? "You either die as hero, or live  long enough to  see yourself become villain" -Harvey Dent, the Dark Knight, menurutmu apakah dalam hero journey ini sang hero bisa misguide, dan mengapa? 

K: Bisa jadi ada semacam sistem job yang termasuk di dalamnya. Yang mengubah job awal seseorang menjadi job transenden.
Jika dikaitkan dengan ku, aku merasakan krisis eksistensial sebagai penari. Setelah pertunjukan masigit, aku menyadari bahwa aku mampu me…