Langsung ke konten utama

CATATAN AKHIR KARYA KESADARAN WANITA ALPHA VULKANO VULVA



(Kesadaran Wanita Alpha:) Vulkano Vulva (3/8)

Sinopsis:

Berdasarkan karya seorang perempuan, Ratna Ayu Budhiarti
"Matilah Kau di Dadaku" dan "Perempuan Baja"
dalam gejolak magma
Kesadaran perempuan dalam mimpi terkuat
karena berbagai tekanan keadaan
lucu
anak-anak
polos
seadanya

Credits 

(Kesadaran Wanita Alpha) Vulkano Vulva
Director
Yudi Gentong
Koreografer
Kaladian Raharja
Komposer
Deden
Performer: Teater Samak
SAMAK2

Selma Jasmine
Adelia Oktaviani
Widiantu Sri Anjani
Aulia Putri Alkamisi
Sulis
Faisal Muflih
Muhammad Fadhila Anhar
M Abdul Agisna Safei
Bayu Hermawan
Naufal Rasyid Shidqy
SAMAK7

Lina Marlyana
Dila Fauziah
Neneng Henti Sugiarti
Risna Abdul Fatah
Fitri Nurhasanah
Aisri Ratna Dewi
Pemusik

Deden
Ijal
Stage Manager

Acep Bari'7
Nada Adan'2
Kru

Dinda
Ginar
Rifaldi
Puri
Ncep Wildan
- dedikasi untuk perempuan, Li Arofu -

"Terima kasih telah menyelamatkan hidupku..."
Aku mencari, berusaha, dan berupaya.
Bagaimana aku mengobati diriku sendiri?
Bagaimana aku menemukan jawaban-jawaban untuk setiap pertanyaan yang dibiarkan tak terjawab?

Terima kasih...karena telah mendampingi saya

Karya ini merupakan seri ketiga dari delapan karya Kesadaran Wanita. Awalnya saya bermula mengajak Teater Samak7 untuk ikut serta dalam Jakarta Dance Festival 2017.

Latihan dan Syuting: 13-16 April 2017

Satu bulan setelah peristiwa Basmut Reinz. Aku menyadari bahwa aku harus segera mencari alternatif tindakan atas kegilaan ku. Aku tiba di Malangbong dengan sekantong penuh kenangan dan kegilaan. Setiap langkah adalah setiap tetes air mata pengalaman kembali.

Saya menginap di sana. Menggerayangi Kesadaran Wanita.

Kesadaran wanita adalah kesadaran yang muncul ketika seseorang sakit hati. Relung kekacauan yang membawa seseorang kepada kegilaan. Tragedi itu adanya di rahim. Ketika tragedi lahir, maka kesadaran wanita muncul. Seluruh konten terepresi muncul untuk dihadapi, untuk mengenal dirinya sendiri. Dalam Psikoanalisis Jung, itu merupakan proses yang terjadi dalam Shadow Work. Biasanya orang merasa malu pada bagian dirinya yang dianggap buruk. Bahkan ia menyangkal pada dirinya bahwa itu bukanlah dirinya sehingga bagian tersebut tenggelam ke dalam ketidaksadaran. Padahal, bagaimana pun juga, bagian itu adalah bagian dirinya juga. Seseorang hidup dalam penolakan diri, terlarut dalam kebohongan esensial. Perlahan bagian diri dianggap sebagai utuh, lalu dalam fungsinya bagian kehilangan fungsi dari bagian yang tenggelam. Secara eksistensial, itu menciptakan embrio tragedi.

Teknik berkarya yang digunakan adalah proyeksi.

Hari pertama latihan dilalui dengan physical drill. Dilanjutkan eksplorasi gerak dan pembentukan koreografi.

Hari-hari berikutnya dilalui dengan latihan dan diakhiri syuting.

Anak-anak sangat antusias. Mereka terlibat dalam memahani kesadaran wanita. Setiap orang membawa kisah pengalaman dan menjawab pertanyaan masing-masing.

Proses yang kami lakukan membawa aku kembali ke titik nol, membawa harapan-harapan anak-anak menjadi motivasi untuk tetap hidup.

Ketua yang kharismatik, Neneng muncul paling berani. Ia mendeklamasikan puisi ketika diangkat, sambil menari, dan menutup pertunjukan. Gerakan-gerakan akrobatik sederhana dilakukan. Tidak satu pun berjalan mulus pada awalnya. Namun percobaan dan latihan yang gigih membawa mereka untuk berhasil. Saya ingat ketika pasangan Risna dan Dinda berjuang selama dua hari menaklukkan rasa takut mereka.

Muncul tiga talenta menari: Lina, Dila, dan Risna Abdul. Saya mengeksploitasi bakat mereka dengan menyediakan ruang khusus di segmen terakhir. Dila menari tradisional, Lina menemukan sisi liarnya di eksplorasi tari kontemporer, dan Risna Abdul yang masih malu-malu memunculkan igelnya. Komposer musik pun muncul di sini: Deden dan Ijal. Musik begitu meresap.

Kekompakan dan humor sangat terasa. Saya apresiasi itu. Makan bersama, latihan bersama, saya jadi rindu.

Ketika kita menyadari kesadaran wanita, kita menjadi lebih menyadari arti penting hidup. Tangis berlalu selama berlatih, mengalir menemukan harapan. Bahwa ada seoramg sahabat, ia hadir ketika musibah melanda, ketika kesadaran wanita hadir.

Latihan dengan SAMAK7 meninggalkan sebuah pertanyaan.

Kesadaran wanita muncul. Lalu aku harus bagaimana?

SAMAK7 SANGAT HEBAT DAN BERBAKAT

Bersama SAMAK2

Pertunjukan Saalam Ramadhan untuk Teater Samak diadakan Kamis, 15 Juni 2017. Aku diberikan waktu untuk melatih SAMAK2 selama tiga hari (13-15 Juni 2017). Sementara SAMAK7 ku serahkan pada Neneng dan Lina untuk latihan mandiri.

Saya mendesain sebuah opening piece. Saya menerapkan talent mapping, menempatkan 10 anak sesuai bakatnya. Menyisipkan gerakan akrobatik sederhana.

Ini adalah sebuah pertarungan. Mengagetkan karena saya menemukan Faisal dan Fadhil dengan bboy mereka, Naufal dengan akrobatnya, Bayu dengan bawaan kontemporer, Abdul dengan dasar fisiknya, Selma dan Aulia dengan dasar tari yang asyik, serta Adel, Widi, dan Sulis yang berusaha dengan cukup baik.

Gerbang kesadaran wanita dengan pola bunga, seorang anak laki-laki masuk menyelam. Rupanya ini tidak jadi sekedar opening piece. Awal ini menjadi jawaban atas apa yang harus dilakukan ketika kesadaran wanita hadir: "I want to be strong for you."  Ada titik kelahiran tragedi, jalan awal menuju kesadaran wanita.
Naufal dengan tidak sengaja menjadi tokoh utama pada segmen awal. Jawaban "aku ingin kuat untuk mu" mendorong kesadaran pada abyss untuk melihat berbagai bentuk pasangan.
Odissi bersenandung, kesadaran hilang dalam ruang hampa.

Kita menyadari ambivalensi dalam hidup. Pikiran mulai melakukan ruminating dan catastrophizing -insight dari Neneng-.

Latihan berlalu dengan gaya militan. Mengingat pesan Pak Yudi bahwa orientasi SAMAK2 adalah Teater Tari dan Tubuh. Saya juga mempertimbangkan mainstream performer di pertunjukan Saalam Ramadhan. Aku memilih tarian modern-urban kontemporer.

SAMAK2 SPEKTAKULER DAN LUAR BIASA


Pada Kamis, 15 Juni 2017, SAMAK2 dan SAMAK7 latihan bersama. Supaya anak-anak menyatu, saya ciptakan koreografi persatuan antara SAMAK2 dan SAMAK7. Duet Lina dan Fadhila, menegangkan dan menawan. Chaos dan gerakan berantai disatukan pada segmen terakhir.

Segmen Pertunjukan

SAMAK2 bermain pada segmen 1, 2, 3, 4, 9
SAMAK7 bermain pada segmen 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9


SEGMEN 1: STRONGER
Gerbang kesadaran wanita dengan pola bunga, seorang laki-laki masuk menyelam. Jawaban: "I want to be strong for you".

SEGMEN 2: SPACE ODISSI
Kesadaran hilang dalam ruang hampa.

SEGMEN 3: I HATE YOU, I LOVE YOU // AMBIVALENSI
Menyadari ambivalensi dalam hidup, pikiran mengacaukan segalanya.

SEGMEN 4: CALL TO THE DEEP // LAHIRNYA TRAGEDI
Tragedi lahir, mencairkan bentuk pikiran.

SEGMEN 5:REVELASI
Penampakan kesadaran wanita.

SEGMEN 6: MATILAH KAU! AKU ADALAH PEREMPUAN
Penampakan ilusi dan kepercayaan pikir dalam fenomena semiotic chora.

SEGMEN 7: VULKANO VULVA
Isi dada yang terpendam bisa meledak kapan saja. Di balik itu terdapat keindahan yang menawan dari orang yang menahan isi dada.

SEGMEN 8: KENANGAN DAN KEGILAAN
Seseorang dihadapkan pada kebenaran, kebenaran menyakiti tubuh subjek. Pikiran berada dalam lautan ombak kenangan. Berpikir, berkontradiksi.

SEGMEN 9: KAU APA?! // REALISASI
Kesadaran wanita mengkristal. Memberi ruang berpikir, "kau apa?!"

Aftermath

SAMAK2 belajar dengan sangat cepat.
SAMAK7 berkembang dengan sangat baik.

Respon penonton cukup.
Saya menemukan fenomena anima dan shadow dalam karya.
Saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua orang yang terlibat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMENTO KESADARAN WANITA 2 : SEJARAH RUSUK

Konser M.O.R.R.O plus Pertunjukan Karya Kaladian RaharjaKESADARAN WANITA 2: SEJARAH RUSUK
KOREOGRAFER: KALADIAN RAHARJA
AKTOR: LI DAN KAER

Terima kasih atas kenangan yang indah di kegiatan SEMALAM: SENI MENDEKAP ALAM @Papandayan Camping Ground. -Sabtu, 14 Januari 2017


Resolusi X Lingkaran Setan

Kamu udah mulai mengeksekusi langkah recovery?1. IntegrasiAku menemukan bahwa masih ada sebagian diriku yang terblokir. Oleh karena itu, aku mencari trigger untuk dapat mengakses kembali memori dan recover.2. Advanced ResolutionAku sedang mendefinisikan cinta si kampret. Kenapa ia bisa mencintai ku hingga ia memutuskan hubungan dengan ku. Aku lakukan karena ada keyakinan bahwa ia akan kembali. Keyakinan ini ku rasa mengganggu. Aku berusaha memahami itu.Jalan Resolusi
1. Trigger
2. Rekoleksi Memori
3. Pemrosesan Memori
4. Fragmen Resolusi
5. Resolusi LanjutanJalan Lingkaran Setan
1. Trigger
2. Rekoleksi Memori
3. Doom
4. Katastropi
5. Resentimen